menu

Saturday, July 7, 2018

LAPORAN HASIL KARYA INOVATIF


MEDIA PEMBELAJARAN ICT
TEKS ANEKDOT BERBASIS ULAR TANGGA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


A.  MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
Karya inovasi yang dibuat adalah media pembelajaran yang berbentuk power point yang berisi informasi mengenai :
1.     Kompetensi dasar pembelajaran
Memberikan informasi kempetensi pembelajaran yang akan dibicarakan pada pembelajaran.
2.    Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Memberikan informasi tujuan yang ingin dicapai setelah mempelajaran dilaksananakan.
3.    Materi pembelajara
Berisis informasi mengenai garis besar materi dan juga berisi tayangan video tentang anekdot yang berjudul “Salah Tebak”.
4.    Game berbentuk ular tangga
Pada bagian inilah terdapat inovasi pembelajaran, apabila sebelumnya pembelajaran yang menggunakan ular tangga pada umumnya menggunakan kertas ular tangga ataupun kain ular tangga maka pada media ini ular tangga ditampilkan dalam bentuk tampilan power point yang apabila mata dadu jatuh ke nomor tertentu siswa tinggal mengklik angka tersebut dan akan keluar perintah soal ataupun tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
5.    Penutup, bagian ini berisi kesimpulan pembelajaran.

B.  TUJUAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media Pembelajaran ICT Teks Anekdot Berbasis Ular Tangga ini dibuat dengan tujuan :
1.     Agar guru mempunyai media yang efektif dalam menyampaikan materi pelajaran dan media tersebut menarik perhatian siswa.
2.    Agar pembelajaran lebih menarik sehingga membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran
3.    Agar terjalin hubungan atau interaksi antara siswa dengan media pembelajaran dan antara siswa dengan guru, serta antara siswa dengan siswa.
4.    Agar proses pembelajaran terasa hangat dengan adanya permainan ular tangga.

C.  MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
1.    Manfaatnya untuk siswa
Dengan media pembelajaran yang lebih menarik dan efektik serta interaktif siswa akan dengan senang hati mengikuti pembelajaran dan motivasi belajar mereka akan meningkat, serta terjalin kerjasama kelompok dengan baik.
2.    Manfaatnya untuk guru
Dengan media pembelajaran yang menarik seorang guru akan dapat menguasai kelas dan menghidupkan suasana kelas sehingga guru menjadi pemimpin kelas yang berwibawa.
3.    Manfaatnya untuk sekolah
Dengan Media Pembelajaran ICT Teks Anekdot Berbasis Ular Tangga ini akan menambah referensi mengenai media pembelajaran bagi sekolah dan guru yang bernaung di sekolah tersebut khusunya di SMKN 2 Simpang Empat.
D.  DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN
Desain yang dibuat adalah desain yang tetap mempertimbangkan keefektifan media dengan tampilan yang mudah dipahami dan pemilihan warna yang menarik.
Adapun desain media pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Tampilan Slide Pertama

2.      Tampilan Slide Kedua


3.      Tampilan Slide Ketiga
4.      Tampilan Slide Keempat
5.      Tampilan Slide Kelima Berisi Video
6.      Tampilan Slide Keenam
7.      Tampilan Slide Ketujuh

8.      Tampilan Slide Kedelapan –Slide Kedua belas adalah tampilan soal yang terdapat pada nomor-nomor ular tangga sesuai mata dadu yang dilemparkan oleh siswa



E .  PROSEDUR PEMBUATAN
Langkah-langkah pembuatan Media Pembelajaran ICT Teks Anekdot Berbasis Ular Tangga adalah sebagai berikut:
1.        Membuat RPP Teks Anekdot
2.        Mengumpulkan gambar dan video yang sesuai dengan materi
3.   Menentukan desain ular tangga yang sederhana dan menarik serta terbaca jelas jika ditampilkan dalam bentuk power point
4.        Membuat media pembelajaran berbasis power point sesuai dengan langkah pembelajaran di RPP

F.  PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
                Media pembelajaran ini digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan RPP yang telah disiapkan. Keberadaan media ini dalam pembelajaran sebagai alat penyampai pesan yang efektik kepada siswa.

G. DAMPAK PENINGKATAN TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK
                    Media ini telah digunakan oleh penulis di empat kelas berbeda yaitu kelas X OTKP A, B, C dan X Seni Musik Populer, berdasarkan pengamatan penulis antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran yang menggunakan media ini mengalami peningkatan. Peserta didik terlihat bergembira dan minat mereka untuk mengetahui soal yang akan didapatkan oleh kelompoknya sesuai dengan mata dadu yang mereka mainkan. Ditambah sebelum proses permainan mereka akan disuguhi materi dalam bentuk tayangan video sehingga tidak ada bagian pembelajaran yang tidak melibatkan mereka. 
      



No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.